Rabu, 25 Juli 2012

Pin It

Widgets

Perbedaan Image Alt Text Dengan Image Title



image alt dengan image tilte
Senang bisa berjumpa lagi dengan sahabat semua, kali ini Kang Oboy akan memberikan sedikit penjelasan tentang perbedaan image alt title dengan image title. Namun sebelumnya dalam tulisan sebelumnya yang berjudul apakah anda lupa dengan ini ? dimana Kang Oboy menjelasakan tentang perlunya konten image yang disisipkan dalam setiap postingan blog sebagai pemanis walaupun hampir semua para master SEO mengatakan bahwa Google spider tidak bisa melakukan crawling terhadap sebuah image. Tapi sahabat jangan berkecil hati sehingga menyurutkan niat sahabat untuk memeriahkan blognya dengan image. Oleh karena itu kali ini Kang Oboy akan memberikan beberapa penjelasan yang berkaitan dengan penggunaan image di blog sahabat semua.

Sebetulnya sudah lama blogger  menyediakan pemasangan image secara otomatis kedalam blog kita namun terkadang kita lupa tentang langkah apa saja dalam proses pemasangan image yang mendukung blog kita agar SEO friendly. Kang Oboy tidak akan memberikan tutor mengenai pemasangan image karena sahabat semua pasti sudah mengetahuinya yang akan di sampaikan adalah proses pemberian keterangan pada image propertiesnya seperti gambar di bawah ini :

insert image

Saran Kang Oboy biasakan untuk mengisi keterangan  pada image properties baik berupa title text ataupun alt textnya.

Apa sih perbedaan antara image alt text dengan image title ?  okelah kalau begitu langsung kita bahas ya,

Image alt text atau alt tag atau juga alternative text adalah sebuah kalimat singkat yang di berikan pada sebuah image yang dapat berguna dalam situasi tertentu, artinya alt tag akan tetap terlihat jika suatu saat koneksi internet mengalami gangguan atau ada pihak lain yang dengan sengaja menghilangkan image dari blog kita dengan alasan tertentu. Dengan adanya alt tag kita akan mengetahui keterangan tentang gambar apa yang tidak bisa kita lihat contoh :
dari contoh di atas  kita tidak dapat melihat image namun kita tetap mengetahui keterangan tentang image apa yang di upload dengan bantuan alt tag. Jika tidak terdapat alt tag maka yang terlihat hanya icon kosong saja.

Image title adalah informasi tambahan yang diberikan pada sebuah image yang mendukung judul postingan kita, Image title akan timbul berupa judul jika kita mengarahkan kursor ke image, contoh : 


berdasarkan keterangan dari Google webmaster bahwa googlebot tidak dapat mengindeks image namun lebih memperhatikan kepada keterangan yang ada pada sebuah image yang memiliki alt tag dan itu akan sangat berpengaruh terhadap penilaian alogaritma Google.

Kesimpulannya adalah kedua tag pada setiap image akan berperan penting pada penilaian sebuah web atau blog terutama alt text atau alt tag untuk proses crawling. Dari kedua tag juga kita dapat menyimpan keyword untuk memudahkan pengenalan dan proses indeks yang dilakukan Google. Dan jangan lupa untuk memperkecil ukuran file image kita sebelum di upload untuk meringankan proses loading blog kita.

Oleh karena itu Kang Oboy mengajak sahabat semua untuk mulai melengkapi setiap image dengan alt tag maupun  image text. Semoga tulisan ini bermanfaat.f100b894ebca3f598c57018ee600af56
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kang Oboy mengajak sahabat semua berbagi informasi atau sharing pengalaman tentang Image di kolom komentar, di tunggu ya ...komentar yang membangun untuk kesusesan kita bersama.

Jika anda ingin terus mendapatkan update info, blogging tips dan seputar monetisasi blog secara gratis segera  berlangganan artikel dari Catatan si Oboy melalui email anda.

Caranya sangat mudah, cukup isi form dibawah ini dengan alamat email anda maka anda mendapatkan update terbaru dari Catatan si Oboy secara langsung ke email anda.

Daftar Update Artikel Terbaru!


Kindly Bookmark this Post using your favorite Bookmarking service:
Technorati Digg This Stumble Stumble Facebook Twitter
YOUR ADSENSE CODE GOES HERE

127 komentar:

  1. Wahh bagus neeh infonya kang...

    Makasih banget nehh infonya.. segera ane terapkan infonya nehh,,,,

    Salam persahabatan selalu kang,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Aryocahlesmana,,,

      Hapus
    2. !!! gimana gitu kalau ada komen kayak gini...

      Hapus
  2. Jadi maluu, selama ini ane cuma upload image doang, tp gag pernah nambahin Image alt sm Image textnya, cupu bener yaa ane ;(

    Makasih kang infonya, sangat membantu dan bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan khawatir sob,,,kita saling bebagi karena sayapun masih banyak yang belum tahu,,,hehehe jadi saling berbagi info

      Hapus
  3. yaph,..itu termasuk Jurus SEO juga kang ya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih sepertinya tidak kang sebab hanya memudahkan proses indeks oleh mas Google

      Hapus
  4. mantap banget kang.
    Apa lagi blog ane masih baru..
    Di tunggu comment back nya ya... And follow ane.
    Ntar di follow back.. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kang,,,,atas kunjungannya

      Hapus
    2. @Pustaka Blog : agan masih mnding blognya masih baru, sedangkan saya, baru mengetahui tips ini ketika postingan saya sudah cukup banyak, jadi terpaksa saya edit postingan saya 1/1 hahahaha.. :D

      Hapus
    3. @Hobeeku Blog : tenang aja sob sebetulnya tidak terlalu berpengaruh terhadap SEO kok,,,,

      Hapus
    4. @all
      haha, saling berbagi info cmua nya ya..
      Jgan lupa join to my site
      thankz..

      Hapus
    5. Betul sob kita harus saling berbagi untuk kemajuan bersama

      Hapus
  5. Waduh selama ini saya hanya memasang tag alt + title dalam gambar yang saya letakkan di postingan, tapi jujur saya baru tau bedanya seperti apa heheheh. maaf ya masih newbie. :D

    Terimakasih untuk ilmu yang sudah diberikan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sob atas dukungannya

      Hapus
    2. iya sama-sama hehe, maaf bru bisa berkunjung lagi... :)

      Hapus
  6. Di W3 dianggap error bila kita lupa memberi tag alt.Memang tips ini kadang kita lupakan.
    Nice share Kang,nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kang, terima kasih atas tambahan informasinya

      Hapus
  7. tambahkan kode ini diatas bskin

    #Header1{
    display:none;
    }

    BalasHapus
  8. Memang benar sekali sobat apa yang disampaikan dalam Postingan ini sebaiknya semua untuk mulai melengkapi setiap image dengan alt tag maupun image text.

    Saya memang belum Tahu sobat, dan saya baru paham setelah membaca di sini, ke depan saya akan berusaha untuk melaksanakannya..
    Terima kasih atas Share Infonya, sangat brmanfaat sekali buat saya

    Terima kasih banyak sahabtku
    salam ramadlon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk sahabat semua,,,,salam Ramadhan juga sob

      Hapus
    2. Semakin keren saja blognya sobat, ....
      saya masih belum bisa memasang image disamping kiri agak kecil sob, gmn caranya yah...kok angel bener buat saya nih.

      Hapus
    3. Okay sob nanti akan saya bantu sob,,,

      Hapus
  9. baru tau nih ane gan >,<

    biasanya sih, dua-duanya ane isi sama judul post
    hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,,,sebetulnya ada perbedaan sob antara keduanya

      Hapus
  10. wahhh nambahhhh ilmu lagi nieee

    BalasHapus
  11. Trima kasih kang oboy share tutornya bermanfaat sekali.. :)
    Met sahur ya kang :)

    BalasHapus
  12. wahhh nambahh ilmu lagi niee... sobb

    BalasHapus
  13. Ini sangat penting kita perhatikan,karena banyak juga visitor masuk dari pencarian gambar.Dengan penambahan alt di img kemungkinan seo besar sekali.
    Nice share Kang,makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekal sob,,,sebagai pendukung untuk meningkatkan kualitas blog kita

      Hapus
  14. wah ternyata berpengaruh dengan SEO, kalo simbah asal pasang saja. ntar image di blog simbah, ane benahin dulu. makasih kan OBOY,

    BalasHapus
  15. ulasan yang sangat menarik dan mudah dipahami, sungguh bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya mas Hariyanto,,,,

      Hapus
  16. kunjungan pagi ini benar-benar langkah kanan saya sob,istilajnya pucuk di cinta ..... pengetahuan Perbedaan Image Alt Text Dengan Image Title ternyata ada disini, TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,,,,bisa aja neh sahabatku,,,,,semoga bermanfaat saja untuk sahabat semua

      Hapus
  17. ikut beljar disini kka oboy.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan,,,adek Megha semoga bermanfaat ya,,

      Hapus
  18. Hm... Jd penting buat SEO ya.

    BalasHapus
  19. Thanks a lot for the visit my friend! :) I hope to see you again soon! :) Happy Sunday! :)

    BalasHapus
  20. selama ini saya ga prnh memperhatikan soal image. yg saya lakukan hanya upload dan pasang. makasih infonya gan...
    nice share.

    BalasHapus
  21. baru tau saya nih kang.. biasanya saya main upload aja gambar tanpa memperhatikan soal image alt text.. thanks kang.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kan mas Andi jadi memperhatikan ,,hehehehe

      Hapus
  22. terima kasih info, pembelajaran yang bagus, kita tunggu selanjutnya..salam kenal

    BalasHapus
  23. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  24. Kunjungan balik sobat, Jika di ijinkan mohon saran terbaik apa yg harus saya lakukan, termasuk membuat kotak komentar ini supaya beraturan, seperti sahabtu ini....

    utk punyaku apa saja yg harus di buang sob, jika belum tidur kutunggu sekarang nih..oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah akan saya buatkan entry baru secepatnya ya sob,,,,

      Hapus
  25. mantap gan..sangat membantu bagi newbie yang mulai belajar seo utk optimasi gambar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 sob sayapun masih newbie,,,,sekedar berbagi informasi saja

      Hapus
  26. hadir kembali bang..
    wah blog nya ganti baju baru ni bang oboy :)

    BalasHapus
  27. mantep sob artikelnya. Baru nyadar, sebelumnya ini yg terlupakan padahal penting banged ngasih image alt text biar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat sob,,,saling menginformasikan saja

      Hapus
  28. . . widichhhhhhh,, ocae juga nich. mantavVv . .

    BalasHapus
  29. mantap gan...
    ane sebenarnya tau fungsinya tapi kadang malas buat ngisinya..hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,,,memang terkadang kita suka males untuk mengerjakannya sob,,,

      Hapus
  30. saya juga sering bingung antara img alt dan img title
    sekarang sudah tau perbedaannya
    makasih gan :)

    BalasHapus
  31. Mantep Nih Kang Oboy Tips Nya,Ijin Nyimak Deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan sob,,,,semoga saja bermanfaat ya,,,

      Hapus
  32. xixixi ane baru tau, mantap masbro

    BalasHapus
  33. wah wah ternyata begitu ya. info yang bagus nih gan, siap praktekkan.

    BalasHapus
  34. Terimakasih Gan,sangat bagus tutorialnya.Untuk optiomasi SEO On page kita mesthi pasang image ALt text dan title text ini Gan.Agar Gambar kita juga ngikut terindex diGoogle image search

    BalasHapus
  35. Fungsi alt itu sama dengan untuk keyword di pencarian gambar bukannya?
    Siapa tahu mau mampir blog saya Wisata Jogja meski masih bau kencur

    BalasHapus
  36. ow ternyata pengaruh juga ya sob, maksih deh infonya, sukses dah ni blog

    BalasHapus
  37. Mau nanya nie kang
    1. Soal source gambar . Lebih baik mana ? apakah kita memberikan source gambar pada blog kita dan apakah itu mempengaruhi blog kita ?
    2. Dimnkah posisi yg bagus untuk meletakan source gambar pada artikel ?

    Ini blog saya kang www.yohooho.com
    masih newbie nie..
    Mohon pencerahannya .

    Terima Kasih

    BalasHapus
  38. Wah Terimakasih kang
    Semuanya sangat membantu dan menambah pengetahuan
    Kang coba lihat blog saya http://watersportbaharibali.blogspot.com/
    masih saja di page 2 nggak naik naik ,

    komen monggo
    terima kasih kang
    tolong dikasi tahu kekurangannya kang

    BalasHapus
  39. bedanya title text sama alt text apaanya kang?

    BalasHapus
  40. Thanks For share this, I'll apply on my blog

    BalasHapus
  41. oke bang ini yang aku cari ...thanx

    BalasHapus
  42. Siph,... Ternyata begitu perbedaan nya antara alt text dengan dengan image title, sangat membantu bagi yang kurang mengerti maksud dan manfaat dari keduanya..... teruslah berkarya.

    BalasHapus
  43. Mas Oboy, mohon penjelasannya, kata-kata yang perlu diisikan di properties image, untuk yang title dan alt text apa yah? apa perlu sama?

    BalasHapus
  44. wah ternyata ada fungsi SEO nya juga ya, makasih infonya ^^

    BalasHapus
  45. makasih infonya
    visit my blog http://kerjaonline-aisah.blogspot.com

    BalasHapus
  46. Thanks infonya kang, saya sebenarnya bingung apa perbedaan antara title dan alt text .... thanks untuk pencerahannya.

    salam
    Partisimon.Com

    BalasHapus
  47. baru tau ane kalo ternyata itu sangat penting. makasih inponya.

    BalasHapus
  48. Mantab surantab Kang, tambah pengeahuan, kebetulan baru belajar SEO yg njelimet banget,
    Eh, baca ini jadi terang.
    Nice Inpo Kang, Thanks

    BalasHapus
  49. Makasih postingannya Kang Oboy... Sangat bermanfaat bagi kami yang masih baru belajar...

    BalasHapus
  50. oh gunanya itu, berarti ga asal upload doang. banyakin kata kunci kalau gitu di image hahaha

    BalasHapus
  51. Oh jadi klo gmbar pada postingan bs terlihat itu tndanya alt tex pd gmbr udh ada ya gan?

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. bermanfaat banget mas infonya,thank ya....ane baru tahu kalo teks alt itu penting buat ngenalin gambar kita...maklum newbie.... kunjung balik ya mas.... haznacomputer.wordpress.com

    BalasHapus
  54. manta tambah lagi ilmu :)
    thank ilmu yan mas
    minta koreksi dong http://official69.blogspot.com/
    baru buat 4 hari

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Trima kasih gan infonya... rekan rekan yg berminat pasang garskin / stiker hp, bisa kunjungi Solo Skin Hp . Makasih

    BalasHapus
  57. makasih mas. apa perbedaanya title da alt text pada link?

    BalasHapus
  58. wah makasi, jadi tau fungsinya :D

    BalasHapus
  59. dulunya saya tidak mengerti gunanya title text dan alt text, setelah baca artikel ini saya bisa menambah pengetahuan saya tentang gambar di blog

    BalasHapus
  60. artikel penjelasan Perbedaan Image Alt Text Dan Title Text, karena saya @Nandar Jaya Tenda pemula dan belum paham bagaimana cara yang tepat dan benar agar dapat meningkatkan kualitas blog kita supaya bisa terindeks dengan baik oleh mesin telusur Google, thanks,,,

    BalasHapus
  61. Mantap ilmunya boss
    www.pakancilan.com

    BalasHapus
  62. bermanfaat infonya mas, makasih ya.

    BalasHapus
  63. Oooalah ternyata,masalahnya sudah banyak postingan yang berlalu begitu saja

    BalasHapus
  64. Mulai sekarang harus disertai alt dan title image di blog
    Radio Maya

    BalasHapus
  65. Komentnya banyak yg nyepam..

    BalasHapus
  66. wah, baru nayadar klo image properties cukup penting. makasih atas infonya.

    BalasHapus
  67. Wah ane juga baru2 ini juga sempet ngepost dengan tema yang hampir mirip mas hehe. tapi lumayan buat refrensi lagi.

    BalasHapus
  68. mantaaaaap.. laksung dipraktekin Mas. makasiih

    BalasHapus
  69. mas ms... ini misal diauto di blogger gitu ga bisa ya mas ?

    BalasHapus
  70. Saya kira alt tag adalah yang timbul berupa judul jika kita mengarahkan kursor ke image, ternyata itu image text. Ternyata pemahaman saya selama ini terbalik, thank informasinya Min.

    BalasHapus
  71. Kang Koboy, izin tanya.. blog saya sudah lama dan banyak sekali gambar. tiba tiba di seoquake katanya ada gambar yang tidak memiliki alt tag, itu gimana ya cara mengecek gambar yang kosong alt tag nya. makasih

    BalasHapus
  72. Mantap neh.. dapat ilmu baru.
    Makasih kang.

    BalasHapus
  73. masih bingung apakah text alt itu sama aja keyword ya?

    baru belajaran hehe
    masukannya dong suhu :D

    ini website saya https://www.fielaflorist.com/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Comments

| Catatan si Oboy © 2013. All Rights Reserved | Template Style by Catatan si Oboy | Join me on Google+ | Back To Top |